Teori Bisnis Informatika

Apa itu teori bisnis informatika? Sebelum kita mengetahui pengertian dari bisnis informatika, sebaiknya kita mengerti dahulu akan pengertian dari kata 'bisnis' dan 'informatika'.

Bisnis dalam ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.
Bisnis adalah ide yang menjadi usaha yang menyediakan produk atau jasa yang diinginkan oleh pelanggan. Bisnis dibuat untuk melayani kebtuhan pelanggan oleh pemilik yang mencoba memperoleh laba/untung.
Informatika (Inggris: Informatics) merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya: sistem informasiilmu komputerilmu informasiteknik komputer dan aplikasi informasi dalam sistem informasi manajemen. Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekedar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi yang tidak dan belum diproses dengan komputer.

Jadi pengertian dari bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang menggunakan jasa teknologi informasi dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Teknologi informasi  disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet contohnya, seperti E-Commerce dan warnet. Dengan adanya E-commerce , orang-orang tidak perlu lagi melakukan jual beli barang di tempat yang sangat jauh,karena bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Makanya,orang-orang menggunakan jasa ini. Jasa warnet juga sangat menguntungkan karena masih banyak orang yang tidak memakai internet dirumah. 

E-Commerce
E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Sekarang ini banyak sekali web-web penyedia e-commerce seperti www.kaskus.us , tokobagus.com ,dll. Dengan adanya e-commerce kita tidak perlu jauh-jauh pergi ketempat toko barang yang kita inginkan, tetapi cukup duduk manis dirumah dan pesan barang yang di inginkan. Tentu bisnis seperti ini juga memiliki kelemahan yaitu kita harus terhubung dengan internet, selain itu barang yang dilihat di foto belum tentu sama seperti yang diharapkan.
Jasa Warnet
Bisnis warnet juga termasuk dalam bisnis informatika karena secara tidak langsung bisnis ini dilakukan dengan bantuan media teknologi informasi. Perkembangan bisnis warnet sangan pesat sekali seiring dengan perkembagan internet, kita ambil contoh saja yaitu perkembangan jejaring sosial seperti facebooktwiter , game online , dll. Semua itu akan menarik seseorang untuk datang ke tempat warnet, tentu usaha warnet merupakan peluang bisnis yang menjanjikan.
Penyedia Jasa Berita Online
Bisnis ini merupakan bisnis yang menyediakan jasa berita secara online. Dengan bantuan ini kita akan mendapatkan berita yang kita inginkan secara cepat dan tentunya up to date. Penyedia jasa ini seperti goal.com , detik.com , kapanlagi.com, kompas.com, dan webpage lainnya.
Selain itu, untuk menghasilkan produk atau jasa, kita bergantung pada faktor-faktor produksi berikut ini :
- sumber daya alam, meliputi sumber daya apa pun yang dapat digunakan dalam bentuk alamiahnya.
- sumber daya manusia, manusia yang mampu melakukan pekerjaan bagi suatu bisnis.
- modal, berupa uang,,peralatan, dan perlengkapan.
- teknologi, pengetahuan yang digunakan untuk menghasilkan jasa atau hasil.

Mengenai tanggung jawab konsumen, barang atau hasil yang diperjualbelikan harus bagus,berkualitas,dan tidak mengecewakan konsumen. Tanggung jawab terhadap konsumen harus dipentingkan,karena berhasil atau tidak berhasilnya bisnis kita bergantung pada konsumen. Sedangkan tanggung jawab terhadap lingkungan, pastinya bisnis yang kita buat tidak mengganggu lingkungan sekitar. contohnya : tidak membuang limbah sembarangan, tidak mendirikan tempat yang berisik dan mengganggu lingkungan,dan kalau bisa yang menguntungkan lingkungan sekitar.

sumber :
http://myblogisland.blogspot.com/2012/10/bisnis-informatika.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Informatika

Postingan populer dari blog ini

Bentuk sederhana dari Grafik Komputer

Sudoku dengan menggunakan Algoritma Genetika.