Google Coba Garap Notebook OS Chrome


Beberapa tahun terakhir Google memang banyak melakukan gebrakan, dan sebagian besar dari gebrakannya itu banyak menuai keberhasilan yang luar biasa. Mulai dari mesin pencari, penyedia layanan email, berbagai aplikasi, komputasi awan, TV, Android dan browser Chrome, dan kini Google telah bersiap untuk merilis system operasi Chrome. Meski PC berbasis Chrome belum akan tersedia hingga pertengahan tahun 2011, namun ada beberapa kabar menarik seiring dengan pengumuman system operasi tersebut.

Seperti dikutip PULSAonline via akihabara, Google baru-baru ini memperkenalkan notebook dengan julukan CR-48. Menariknya kehadiran notebook tersebut dirancang untuk pengujian tahap akhir dari system operasi Chrome.

CR-48 akan datang berbekal layar 12.1 inchi, keyboard ukuran penuh, global 3G, webcam, SSD, dan akan disokong oleh prosesor Intel Atom. Menariknya notebook ini juga akan memiliki baterai yang mampu menghidupi notebook lebih dari 8 jam dalam keadaan aktif, serta lebih dari 8 hari dalam keadaan standby. Untuk mensukseskan tahap pengujiannya pada OS besutannya itu, Google dikabarkan akan mendistribusikan Cr-48 melalui Google’s Chrome OS Pilot Program. Program ini akan dimulai dengan melibatkan beberapa perusahaan, serta melibatkan publik untuk membantu pengujian tersebut. Bahkan, Google membuka peluang bagi warga di Amerika Serikat untuk berperan aktif dalam tahap pengujian ini.

Sistem operasi Chrome akan tersedia secara massal pada pertengahan tahun depan yang berkemungkinan akan diadopsi oleh Acer dan Samsung. Hal itu mengingat klaim Google yang menyatakan bahwa pihaknya tidak akan membesut hardware. Semoga saja pada saat dirilis nanti Chrome sudah tidak meninggalkan jejak berupa ‘bug’. Dan mampukah Google bersaing dengan Apple dan Microsoft yang telah lama bermain di sistem operasi untuk notebook, kita tunggu saja.

Postingan populer dari blog ini

Bentuk sederhana dari Grafik Komputer

Sudoku dengan menggunakan Algoritma Genetika.

Step by Step Mendaftar Blog di Blogspot