Tips Hemat Baterai

Bagi kamu yang punya kebiasaan berjam-jam dengan hape, tentu yang menjadi musuh utama tak lain adalah habis baterai alias ngedrop. Kalau sudah lowbat, apa boleh buat. Pastinya, kamu harus nunggu berjam-jam lagi untuk mencharge hape kamu. Tahukah kamu, ternyata baterai seringkali habis bukan karena dipakai menelepon. Tetapi baterai habis karena ada beberapa fitur dan layanan di hapemu yang ikutan memakan daya baterai hape kamu. Ada sejumlah cara untuk menhindari dan mengurangi penggunaaan baterai di hape kamu. Berikut penjelasannya:

Redupkan lampu layar
Ada baiknya redupkan lampu layar hape kalau berada dalam ruangan yang gelap ataupun redup. Cara ini cukup membantu buat ngurangin penggunaan daya baterai yang diserap oleh lampu tersebut. Lagipula, lampu utama dalam ponsel cukup mampu mensupport cahaya yang dibutuhkan ponsel.

Kurangi volume
Ngedengerin musik dari radio, mp3 ataupun video, memang enaknya dengan suara volume yang besar dan ngebass, tapi supaya tak boros baterai pelankan volumenya. Tentunya, baterai akan lebih hemat lagi jika fitur ini dimatikan, hehe.

Cek Email Manual
Di kebanyakan smartphone, user (pengguna) dimanjakan dengan layanan push email. Tapi tahukah Anda, bahwa layanan push email ini ternyata cukup menguras energi baterai. Nah, kamu tinggal pilih mana smartphone kamu jadi ‘mayat’ lantaran habis baterai, atau hape kamu tetap prima, meskipun Anda harus cek email secara manual.

Jangan lupa matikan jaringan nirkabel
Cek hape kamu, apakah jaringan nirkabel seperti bluetooth atau wi-fi aktif atau tidak. Jika memang aktif, segera matikan. Seringkali kita lupa menon-aktifkan Bluetooth ataupun Wi-Fi. Pengaktifan jaringan nirkabel akan menyedot energi baterai.

Cek Baterai
Bagi para pengguna smartphone, cara ini bisa dilakukan dengan memasang aplikasi indikator energi baterai. Terdapat beberapa aplikasi yang menginformasikan kondisi daya baterai ponsel Anda. Misalnya pada iPhone dapat menggunakan aplikasi Battery Go and myBatteryLife. Pada BlackBerry juga dapat dipasang aplikasi NB BattStat untuk membantu kamu mengetahui berapa lama baterai mampu bertahan dan sejauh mana temperatur panasnya.

Postingan populer dari blog ini

Mendapatkan Kode Alamat File pada 4shared Untuk Membuat Menu Download

Manfaat Social Networking