Multimedia

ELEMEN-ELEMEN PADA MULTIMEDIA

Multimedia merupakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis, gambar, foto, audio, video dan animasi secara terintegrasi. Menurut IBM, multimedia adalah gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks atau menurut Robin dan Linda, multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf).

Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu: multimedia linier dan multimedia interaktif.
>>Multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya: TV dan film.
>>Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contoh multimedia interaktif adalah: multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.

Berikut ini adalah gambaran tentang elemen-elemen yang digunakan untuk membuat aplikasi multimedia :
-- Teks
Elemen multimedia yang menjadi dasar utama dalam menyampaikan informasi, karena teks merupakan jenis data yang paling sederhana dan membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks memegang peranan dasar dalam menyusun dokumen, karena hampir seluruh aplikasi multimedia menggunakan teks sebagai alat presentasi informasi yang paling sesuai untuk mendeskripsikan suatu nama, definisi atau aturan.

-- Image / Grafik
secara umum image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi.Gambar terbagi menjadi tiga kategori :
>> Gambar dari dunia nyata : lukisan, scanning foto
>> Gambar dari dunia maya : dibuat dengan program editor
>> Gambar gabungan dunia nyata dan dunia maya

-- Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio, penyajian audio atau suara merupakan cara lain untuk lebih memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect). Salah satu bentuk bunyi yang bisa digunakan dalam produksi multimedia adalah Waveform Audio yang merupakan format file audio yang berbentuk digital. Kualitas produknya bergantung pada sampling rate (banyaknya sampel per detik). Waveform (wav) merupakan standar untuk Windows PC.

-- Video
Video merupakan gabungan elemen multimedia yang lengkap karena menggabungkan semua elemen multimedia yang ada untuk menyajikan informasi video menggunakan sistem animasi yang diambil melalui suatu kamera video dan disimpan dalam bentuk file dan format tertentu.

-- Animasi
Animasi adalah pembentukan gerakan dari berbagai media atau objek yang divariasikan dengan gerakan transisi, efek-efek, juga suara yang selaras dengan gerakan animasi tersebut atau animasi merupakan penayangan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan kesan gerakan. Animasi dihasilkan dengan menayangkan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan, terbagi dalam dua katagori :
>> Animasi buatan--Animasi yang dihasilkan oleh manusia melalui bantuan program komputer.
>> Animasi video--Animasi yang dihasilkan melalui rekaman darikamera video dan kejadian yang sesungguhnya.



SOFTWARE UNTUK MENGOLAH MASING-MASING ELEMEN MULTIMEDIA

Software Multimedia di antaranya :
* Authoring : Software Multimedia untuk keperluan interaktif (director, flash)
* Viewing : Untuk melihat hasil pengolahan multimedia, misal : winamp, PowerDvd, ACDSee, dll.
* Capturing : Untuk mendapatkan hasil rekaman yang didapat melalui device multimedia,misalnya kamera digital, handycam.
* Editing : Untuk mengolah bahan multimedia menjadi senuah sajian, misalnya Adobe Photoshop, PhotoScape)


CARA MERANCANG PRODUK MULTIMEDIA YANG INTERAKTIF

Perancangan sebuah produk menjadi produk multimedia agar dapat dimanfaatkan secara optimal haruslah memperhatikan beberapa hal diantaranya :
>> belajar secara audien
>> karakteristik dan budaya personal dari populasi yang dijadikan target
>> karakteristik dari setiap komponen multimedia yang digunakan
>> kelebihan dan kekurangan dari setiap komponen (teks, grafis,sound, animasi, video )
>> Karakteristik yang tidak bisa dipisahkan dari tiap-tiap materi yang disajikan ( perlakuan yang berbeda antar mata pelajaran)
>> pentingnya interaktivitas dan partisipasi aktif pengguna
>> kebutuhan akan tersedianya suatu virtual enviromental (lingkungan belajar virtual) seperti web base application.

Unsur-unsur tersebut diatas menjadi pertimbangan pada saat desain atau perencanaan sebuah produk multimedia. Dalam perencanaan ini juga secara komprehensip dicermati dengan baik terutama mengadakan analisis terhadap front analysis. Front end analysis ini terdiri dari :
- audien analysis
- technology analysis
- situation analysis
- task analysis
- critical insident analysis
- objective analysis
- issue analysis
- media analysis
- extand data analysis
- cost analysis

Idealnya alat-alat lain yang perlu disiapkan dalam proses produksi adalah, sebagai berikut :
* Komputer Multimedia
* Handycam
* Scanner
* Kamera Manual atau digital
* Sedang piranti lunak atau software yang perlu disiapkan adalah
* Editor video : ulead, pinnacle, adobe after effect
* Editor suara : audacyti, soundforge
* Editor Teks : Macromedia Dreamweaver, Prontpage
* Software animasi : Macromedia Flash
* Software grafis : photoshop, coreldraw
* Authoring tool : screen flash, macromedia captive
* Tool image icon

sumber :
http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf
http://denikancil.blogspot.com/

Postingan populer dari blog ini

Bentuk sederhana dari Grafik Komputer

Sudoku dengan menggunakan Algoritma Genetika.

Akses Informasi Interaktif di Data Web